ORGANISASI PEMUDA SHIDDIQIYYAH (OPSHID)

BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM
ALHAMDULILLAAHIROBBIL ‘AALAMIIN

Bahwa pada dasarnya alam semesta dan manusia adalah perwujudan organisasi yang sempurna ciptaan Allah yang Maha Esa, oleh sebab itu alam semesta dan manusia tidak dapat lepas dari organisasi.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pemuda merupakan pilar yang sangat menentukan masa depan suatu bangsa.
Atas berkat rohmat Allah yang Maha Kuasa telah didirikan Organisasi Kepemudaan Shiddiqiyyah yang berjiwa manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan yang mempunyai suatu misi membentuk generasi muda yang berkualitas dengan mensinergikan segala potensi yang ada didalam individu pemuda Shiddiqiyyah menuju tercapainya cita-cita luhur untuk lestarinya perjuangan Shiddiqiyyah dan kejayaan Bangsa Indonesia. Semoga Allah SWT. memberikan hidayah dan ridloNya agar Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah berkembang, berkualitas dan lestari.
Amiin ya Robbal ‘Aalamiin.

Sejarah 
Pada tahun 1422H atau bertepatan tahun 2001M para pemuda warga Thoriqoh Shiddiqiyyah bergejolak untuk membuat wadah perjuangan bagi kaum muda. Hal ini terinspirasi oleh dawuh Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah Al-Mukarrom Bapak Kyai M. Muchtar Mu’thi yang mengatakan bahwa hendaknya Pemuda Shiddiqiyyah harus bersatu jangan bercerai berai. 

Keinginan tersebut kemudian disampaikan kepada Mursyid Thoriqoh Shiddiqiyyah dan beliau mengarahkan untuk segera dibentuk Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah. Dan Atas berkat rahmat Alloh yang Maha Kuasa, pada tahun 2002M setelah melalui 12 kali pertemuan selama 1 tahun, wadah itu akhirnya tercetus dengan nama Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah yang diakronimkan dengan OPSHID.

Jiwa Organisasi 
Jiwa OPSHID adalah “Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan”
(Muqoddimah Aggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah)

Tujuan Organisasi

  • Menumbuhkembangkan potensi diri Pemuda Shiddiqiyyah untuk kejayaan Bangsa Indonesia dengan tanpa meninggalkan ciri khas Shiddiqiyyah
  • Mempererat ukhuwah Islamiyyah di antara para pemuda Shiddiqiyyah pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
  • Sebagai wadah para pemuda Shiddiqiyyah untuk turut serta berperan aktif dalam laju perjuangan Shiddiqiyyah.
    (Anggaran Dasar Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah Bab III Asas dan Tujuan pasal 7)

Usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi

  • Mengadakan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada pembinaan jasmani dan ruhani sesuai ajaran thoriqoh Shiddiqiyyah dengan mensinergikan segala potensi yang ada dikalangan Pemuda Shiddiqiyyah.
  • Mengkonsolidasi para pemuda Shiddiqiyyah yang lebih terorganisir di tingkat pusat sampai daerah dan juga menjalin kerjasama dengan pihak luar yang dianggap perlu.
  • Menjembatani para pemuda Shiddiqiyyah untuk turut serta berperan aktif dalam laju perjuangan Shiddiqiyyah.
    (Anggaran Dasar Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah Bab V Usaha & Penunjang pasal 9)